KURIKULUM

PROGRAM DAN RENCANA KERJA WAKASEK KURIKULUM Tahun Pelajaran 2021/ 2022

KATA PENGANTAR

 

 

Assalamualaikum Wr Wb. Puji dan Syukur dan Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan berkatnya kita dapat menyelesaikan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja Wakil Kepala Sekolah untuk tahun pelajaran 2021/2022

Tugas dan Fungsi Wakil Kepala Sekolah adalah;

menjabarkan kurikulum menjadi program operasional pembelajaran di sekolah melalui analisis kurikulum, sinkronisasi, menetapkan kurikulum validasi;

menetapkan program pembelajaran, jadwal kegiatan, pembagian tugas mengajar, jadwal pelajaran dan bahan ajar;

  1. mengorganisasi/ mengkoordinasi kbm baik normatif, adaptif maupun produktif yang terdiri dari : persiapan KBM, pelaksanaan KBM, evaluasi hasil belajar, analisis hasil evaluasi belajar, perbaikan dan pengayaan;
  2. mengelola administrasi pendidikan/ pengajaran; dan
  3. merencanakan dan menyusun program pengembangan kurikulum.

Tujuan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja ini tidak lain adalah sebagai acuan dan pedoman yang harus dikerjakan oleh Wakil Kepala Sekolah selama tahun pelajaran 2021/2022 Mudah-mudahan dengan adanya Program Kerja ini akan meningkatkan kinerja, sesuai dengan Visi dan Misi SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan

Penyusun menyadari bahwa Program Kerja dan Rencana Kerja ini masih belum sempurna dari harapan, oleh karena itu Penyusun mengharapkan saran dan kritikan yang bersipat membangun dari semua pihak untuk perbaikan Program Kerja ini pada masa-masa yang akan datang.

 

 

Jakarta 13 Juli 2021

Wakasek Bidang Kurikulum & Pengajaran

 

 

 

HENI SUPATMI, S.PD.

 

 

 

 

 

 

PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH

BIDANG KURIKULUM

 

  1. Sasaran Mutu WKS Bidang Kurikulum

Sasaran mutu Wakil Kepala Sekolah (WKS) Bidang Kurikulum SMK Swasta Satria Dharma tahun pelajaran 2021/2022 adalah :

  1. 91 % – 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan sesuai dengan tingkat kompetensi
  2. 91 % – 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi ketrampilan sesuai dengan tingkat kompetensi
  3. 91% – 100% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran
  4. Peserta Didik memiliki keterampilan bertindak secara mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung atasan berdasarkan kuantitas, kualitas terukur sesuai standar kompetensi kerja, dan dapat diberikan tugas membimbing orang lain yang diperoleh dari pengalaman belajar dan kegiatan lain meliputi :
  • Praktik di DUDI,
  • Praktik lab/bengkel sekolah
  • pelaporan tugas / kegiatan,
  • presentasi hasil penugasan
  • keterlibatan dalam kepanitian,
  • keterlibatan dalam lomba kompetensi siswa
  1. Sekolah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan efektif sesuai dengan ketentuan, melalui langkah berikut:
  • diputuskan,
  • ditetapkan,
  • disosialisasikan,
  • disahkan
  1. Peserta Didik mengikuti berbagai ujian :
  • Ulangan,
  • Ujian Sekolah,
  • Ujian Nasional,
  • Ujian Unit Kompetensi,
  • Uji Kompetensi  Keahlian
  1. Guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar dengan langkah :
  • menetapkan tujuan penilaian,
  • menyusun kisi-kisi ujian,
  • mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian,
  • melakukan analisis kualitas instrumen,
  • melaksanakan penilaian,
  • melaporkan,
  • memanfaatkan hasil penilaian

 

  1. Sasaran Kerja Bidang Kurikulum

 

Untuk mencapai sasaran mutu WKS Bidang Kurikulum dan dalam rangka fokus pada ketercapaian tujuan maka pada tahun pelajaran 2021/2022 menetapkan sasaran kerja bidang kurikulum adalah sebagai berikut :

  1. Pemetaan atau pembagian rombongan belajar bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022.
  2. Menyusun Jadwal Pelajaran TP 2021/2022 bersama dengan Ketua Kompetensi Keahlian.
  3. Memastikanperencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran kurikulum 2013, melalui kegiatan perencanaan, monitoring dan supervisi akademis.
  4. Merencanakan dan melaksanakan penilaian tingkat satuan pendidikan (PTS, PAS, USBK, UKK, dan ANBK)
  5. Memastikan kegiatan/ program literasi dapat berjalan dengan baik.
  6. Menyusun dan mereview kembali Standar Operasional Prosedure (SOP) dan atau Juknis yang ada di Bidang Kurikulum agar diperoleh SOP yang implementatif.
  7. Meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun soal High Order Thinking Skill (HOTS) melalui kegiatan bimbingan teknis atau optimalisasi peran MGMP tingkat sekolah.
  8. Merencanakan dan melaksanakan pengembangan kurikulum berbasis industri melalui penyelarasan kurikulum dengan industri, program kelas industri, dan pengembangan teaching factory.
  9. Mendorong Peran LSP – P1 SMKN 47 Jakarta dalam melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi peserta didik.
  10. 100 % Peserta didik kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022 lulus dari SMKN 47 Jakarta.
  11. Meningkatkan kompetensi TIK guru khususnya dalam proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
  12. Menyusun K13 SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan Pelajaran 2021/2022 dan memastikan bahwa dokumen K13 telah ditandatangani Kepala Sekolah ditetapkan oleh ketua komite Sekolah dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan.

 

  1. Program Kerja Bidang Kurikulum

 

Program kerja bidang kurikulum merupakan uraian kerja, tujuan, Indikator ketercapaian, dan unsur yang terlibat dalam kegiatan yang direncanakan oleh bidang kurikulum SMK N 47 Jakarta. Dasar penyusunan program kerja bidang kurikulum adalah sasaran mutu, dan sasaran kerja, serta rencana kerja tahunan SMKN 47 Jakarta Tahun Pelajaran2021/2022. Adapun Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 47 Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah seperti pada tabel berikut dibawah ini :

 

NONAMA KEGIATANURAIAN KEGIATANTUJUAN KEGIATANINDIKATOR KETERCAPAIANUNSUR YANG TERLIBATPENANGGUNG JAWABWAKTUKET
A.Standar Isi
1.     Penyusunan Program Kerja KurikulumRapat koordininasi WKS 1 bersama staff untuk penyusunan program kerjaUntuk menyusun program kerja yang sesuai dengan sasaran kerja dan mutu WKS bidang kurikulumTersusunnya program kerja WKS bidang kurikulum SMK N 47 TP 2021/2022WKS 1, Staff WKS 1, Kepala Program KeahlianWKS 1Juli 2021
2.     Penyusunan Peraturan AkademikRapat penyusunan peraturan Akademik SMK N 47Untuk mewujudkan Peraturan Akademik yang implementatif dan dipedomani seluruh warga SMKN 47Tersusunnya Peraturan Akademik SMK N 47 TP 2021/2022WKS 1 dan StaffWKS 1Juli  2021
3.     Penyusunan Jadwal Pelajaran Semester Genap TP 2020/2021Rapat penyusunan jadwal pelajaran semester genap TP 2020/2021Untuk menyusun jadwal pelajaran semester genap TP 2021/2022Tersusunnya Jadwal Pelajaran semester genap TP 2021/2022Kepala Sekolah, WKS 1, Ketua Kompetensi KeahlianKepala SekolahDesember 2021
4.     Pengembangan Kurikulum SMK Swasta Satria Dharma Perbaungana.  Rapat evaluasi implementasi K13 dan penyusunan draft K13 oleh Tim Pengembang Kurikulum

b.  Workshop Review draft K13 TP 2021/2022

c.  Penyelarasan Kurikulum dengan DUDI

d.  Finalisasi Dokumen K13 TP 2021/2022

a.   Mengembangkan K13 berdasarkan hasil evaluasi implementasi K13

b.   Menyelaraskan kurikulum dengan DUDI dan revisi K13 agar sesuai dengan peraturan terbaru dan kompetensi yang dibutuhkan DUDI

c.    Menyelaraskan kompetensi dasar, IPK, atau materi pembelajaran dengan kebutuhan DUDI

d.   Mengesahkan dokumen K13 yang telah direview oleh tim

 

a.  Tersusunnya Draft Dokumen K13 hasil usulan dari DUDI dan perbaikan berdasarkan evaluasi

b.  Tersusunnya Kurikulum yang sesuai dengan POS dan peraturan yang berlaku

c.  Tersusunnya Kurikulum yang selaras dengan Industri

d.  Adanya Dokumen K13 TP2021/2022 yang telah ditanda tangani Kepala Sekolah, ditetapkan Komite Sekolah, dan Disahkan/divalidasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi

2. Tim Pengembang K13, WKS 1 dan Staff, Ketua Kompetensi Keahlian, DUDIKepala SekolahMei 2021
5.     Pembagian Tugas Mengajar GuruRapat penyusunan pembagian tugas mengajar guru  TP 2021/2022Untuk menyusun pembagian tugas mengajar guruTersusunnya Beban Mengajar  Guru yang sesuai dengan peraturan yang berlakuKepala Sekolah, WKS 1, Ketua Kompetensi KeahlianKepala SekolahJuni 2021
B.Standar Proses
1.     Pengadaan Buku Pemerintah dan Buku PendampingKegiatan pengadaan buku teks pelajaran / buku guru dan buku siswa (pemerintah), buku non teks pelajaran,  modul pembelajaranUntuk memastikan semua peserta didik dapat menggunakan sumber belajar / buku teks dan atau buku pendamping yang sesuai baik secara kualitas maupun kuantitasAdanya buku teks pelajaran, non teks dan modul pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik dalam proses pencapaian kompetensiWKS 1, Ketua Kompetensi Keahlian, Ketua MGMP, dan guru mata pelajaranKepala SekolahJuli 2021
2.     Workshop Penulisan soal HOTS bagi guru SMK Swasta Satria Dharma PerbaunganPelatihan bagi guru SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan tentang penulisan soal HOTSUntuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen evaluasi / soal tipe HOTSGuru mampu menyusun soal bertipe HOTSKepala Sekolah, WKS 1, guru SMK SwN 47 JakartaKepala SekolahDesember 2021
3.     Rapat Koordinasi WKS Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Humas dengan Kaproli, Ketua MGMP Mata Pelajaran dan Koordinator BP BKRapat WKS 1 dan Staff bersama dengan WKS 2, 3, dan 4, Ketua Kompetensi Keahlian ketua MGMP Mapel, dan Koordinator BP BK dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan pembelajaran dan bimbinganAdanya koordinasi dan sinergi antara unit kerja dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK N 47Semua unit kerja melaksanakan tugas pokok dan fungsinya terkait peningkatan proses pembelajaran dan bimbingan dengan baikKepala Sekolah, WKS, Ketua Kompetensi Keahlian, Ketua MGMP dan Koordinator BP BKKepala SekolahSeptember 2021

 

Februari 2022

4.     Rapat Koordinasi Wali Kelas dengan orang tua wali siswaRapat antara wali kelas dengan orangtua peserta didik yang diampu dalam rangka mewujudkan pendidikan peserta didik secara utuh dan terintegrasia.  Sebagai wadah untuk menyampaikan informasi program sekolah kepada orangtua siswa

b.  Menyamakan visi dan misi antara orangtua dan sekolah dalam mendidik peserta didik

Adanya persamaan persepsi antara orangtua siswa dan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMK N 47Kepala Sekolaah, WKS 1, Wali Kelas, Orangtua peserta didikKepala SekolahOktober 2021

Maret 2022

5.    Program Link and Match Dengan DUDIa. Pengembangan Teaching Factory

1)     Rapat Evaluasi Implementasi model pembelajaran Taching Factory

2)     Implementasi model pembelajaran teaching factory pada semua kompetnsi keahlian

 

b.   Pengembangan Kelas Industri

1)      Rapat evaluasi pelaksanaan kelas industri

 

a.    Untuk mengevaluasi pengembangan teaching factory dalam rangka peningkatan kualitas implementasi tefa

b.    Untuk mengevaluasi kegiatan kelas industri dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran berbasis industri

Adanya hasil evaluasi dan rencana tindak lanjut

 

 

Adanya hasil evaluasi dan rencana tindak lanjut

Kepala Sekolah, DUDI WKS, Ketua Kompetensi Keahlian, dan Guru

 

 

 

Kepala Sekolah, DUDI WKS, Ketua Kompetensi Keahlian, dan Guru

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepala Sekolah

Agustus 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

September 2021

6.     Penguatan Program Literasi Sekolaha.     Pengadaan Buku non teks pelajaran

b.     Pengadaan Almari/ tempat buku bacaan pada setiap ruang belajar/ kelas

c.     Rapat Koordinasi Tim Gerakan Literasi Sekolah SMK Swasta Satria Dharma Perbungan

 

a.    Untuk meningkatkan kuantitas dan jenis buku bacaan yang akan digunakan dalam kegiatan literasi

b.    Sebagai tempat buku non teks dalam rangka mendukung kegiatan literasi pda setiap ruang belajar

c.    Untuk mnyusun program kerja literasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan jenis literasi

 

Adanya buku noon teks pelajaran untuk dimanfaatkan dalam kegiatan literasi baca

 

 

Adanya almari / tempat buku pada setiap ruang belajar

 

 

 

 

Adanya Program Kerja Tim Literasi

Kepala Sekolah, WKS 1, Kepala Perpustakaan, WKS 3, Tim GLSKepala SekolahAgustus 2021

 

 

 

 

Agustus 2021

 

 

 

 

Agustus 2021

7.     Program Persiapan UNBK Tahun 2021a.     Penyusunan dan Penggandaan Modul Persiapan UNBK sesuai dengan SKL yang ada

 

 

 

 

b.     Kegiatan penambahan pembelajaran/tutorial untuk mata pelajaran yang diujikan dalam UNBK

a.   Untuk menyusun modul persiapan UNBK dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan menyelesiakan soal-soal tipe UNBK pada setiap mata pelajaran

 

b.   Untuk mempersiapkan materi dan mental siswa dalam rangka menghadapi UNBK sehingga rata-rata nilai UNBK SMK N 47 pada TP 2020/2021 meningkat

Tersusunnya Modul Persiapan UNBK dari setiap mata pelajaran yang diujikan

 

 

 

 

 

 

 

Terlaksananya program tutorial bagi kelas XII

Kepala Sekolah, WKS 1 dan Staff, Ketua Kompetensi Keahlian, Guru mapel yang diujikan dalam UNBKWKS 1Desember 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Januari s.d Maret 2022

8.     Pemantauan, Monitoring, dan evaluasi Proses PembelajaranSupervisi  guru dalam melaksanakan proses pembelajaranUntuk mengetahui kualitasimplementasi pembelajaran guru dalam rangka melakukan tindakan berbaikan secara berkelanjutanAdanya dokumen hasil supervisi dan evaluasi guruKepala Sekolah dan tim supervisiKepala SekolahSeptember 2021 dan Maret 2022
C.
1.     Sosialisasi Penilaian (komponen, teknik, dan instrumen penilaian)Rapat koordinasi dan sosialisasi tentang komponen, teknik, dan instrumen penilaian bagi semua guru SMK N 47Untuk meningkatkan pemahaman guru SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan tentang penilaian hasil belajarGuru di SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan memahami  tentang komponen, teknik, dan instrumen penilaian hasil belajar.Kepala Sekolah dan semua guruWKS 1Oktober 2021
2.     Pengembangan dan implementasi e rapor SMK untuk penyusunan Laporan Hasil Belajar SiswaSosialisasi dan implementasi Erapor SMK untuk penyusunan Laporan Hasil Belajar SiswaSemua guru memahami dan bisa menggunakan aplikasi erapor sebagai wujud implementasi sistem informasi managemen di SMK Swasta Satria Dharma PerbaunganTersusunnya Rapor Hasil Belajar siswa menggunakan eraport SMKKepala Sekolah dan Semua guruWKS 1Desember 2021
3.     Kegiatan Penilaian Harian (Ulangan Harian)Penilaian terhadap kompetensi yang telah dipelajari peserta didik  melalui kegiatan ulangan harian, penugasan, danatau tes lisanUntuk mengukur kompetensi yang dimiliki peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk beberapa kompetensi dasar atau materi tertentu

 

Adanya dokumen hasilpekerjaan peserta didik dan nilai hasil penilaian harianGuru, peserta didikguruJuli 2021 s.d. Mei 2022
4.     Kegiatan Penilaian Tengah SemesterPenilaian oleh sekolah terhadap kompetensi yang dimiliki peserta didik setelah  8 s.d. 9 minggu efektifUntuk mengukur kompetensi peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 8 s.d. 9 minggu efektifSemua peserta didik melaksanakan penilaian akhir semester  yang dibuktikan dengan berita acara dan daftar hadir PTSWKS 1, Ketua Kompetensi Keahlian, Guru dan Peserta DidikWKS 1Oktober 2021 dan Maret 2022
5.     Kegiatan Penilaian Akhir Semester GasalPenilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semesterUntuk mengukur kompetensi peserta didik selama satu semesterTerlaksananya Penilaian akhir semester yang berkualitas

Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester

Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta DidikWKS 1November 2021
6.     Kegiatan Penilaian Kenaikan KelasPenilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama pada akhir semester genap bagi kelas x dan xi untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semesterUntuk mengukur kompetensi peserta didik selama satu semester pada saat semester genapTerlaksananya Penilaian Kenaikan Kelas  yang berkualitas

Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester

Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta DidikWKS 1Mei 2022
7.     Kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBK)Penilaian oleh sekolah bagi peserta didik kelas XII dan mengacu pada standar kompetensi LulusanUntuk mengukur capaian kompetensi peserta didik kelas XII pada mata pelajarn tertentu dan menjadi penentu kelulusan peserta didikTerlaksananya USBN yang berkualitas dan diikuti oleh semua pserta didik kelas XII, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar hadir, POS dan Juknis USBK serta Laporan Pelaksanaan USBKKepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik Kelas XIIKepala SekolahMaret / April 2022
8.     Kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (ANBK)Penilaian oleh sekolah bagi peserta didik kelas XII dan mengacu pada standar nasional pendidikan khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia, matematika, bahasa inggris dan teori kejuruanUntuk mengukur capaia kompetensi lulusan pada mata pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika,dan teori kejuruanTerlaksananya UNBK yang berkualitas dan diikuti oleh semua pserta didik kelas XII, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar hadir, POS dan Juknis UNBK serta Laporan Pelaksanaan ANBKKepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik Kelas XIIKepala Sekolah

April 2022

 

Jakarta, 13 juli 2021

Wakasek Kurikulum Dan Pengajaran

 

HENI SUPATMI, S.PD.