Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H

Assalamualaikum wr. wb.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriyah. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini menjadi penyemangat mencari ilmu untuk mempertebal keimanan dan rasa cinta umat muslim kepada Rasulullah SAW.

Acara ini bertema “Dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, mari kita tingkatkan kecintaan dan ketakwaan kepada Allah dan Rasulullah” yang diselenggarakan pada hari Kamis, 13 Oktober 2022 di Lapangan SMK Negeri 47 Jakarta. 

Dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diikuti oleh seluruh siswa kelas X (sepuluh) dan XII (dua belas) yang berjumlah 547 orang. Serta, guru-guru dan staff SMK Negeri 47 Jakarta.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diselenggarakan oleh panitia guru dan panitia rohis SMK Negeri 47 Jakarta. Panitia guru diketuai oleh Bapak Kamaludin Siregar, S.Ag. MA dan beberapa guru lainnya yaitu, Ibu Devi Rohmawati, S.Pd, Bapak Hery Jualiadi, S.Pd, Bapak Herman, S.Pd, Ibu Dra. Yusroh, M.Pd, dan Bapak Idham Cholid, M.Pd dibawah pertanggungjawaban Kepala Sekolah SMK Negeri 47 Jakarta Bapak Drs. H. Hasan Kuswana, M.Pd. 

Sedangkan panitia murid diketuai oleh Rahmad Ramadhan dan wakil ketua  Muhammad Zaki Rifai dibawah pertanggungjawaban Muhammad Fatih Rizqi.

Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti pembacaan khataman Al-Qur'an dan tahlil, pembacaan maulid oleh tim hadroh SMK Negeri 47 Jakarta, pengumuman pemenang lomba Muharram 1444 H, Penampilan puisi oleh siswi SMKN 47 Jakarta, ice breaking, pembacaan tilawah oleh Ustadz Mohammad Amin, S. Pd. I, dan acara puncaknya yaitu tausiah oleh Ustadz Taufiqurrahman S. Q (Ustadz Pantun). 

Tentu tidak lupa sambutan dari Ketua Pelaksana acara yaitu Bapak Kamaludin Siregar, S. Ag. MA. Beliau menyampaikan perihal makna Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu untuk terus mendorong, menginspirasi, dan menyemangati kita agar cinta dan selalu istiqomah dalam melaksanakan risalah Rasulullah SAW. 

Beliau juga menyampaikan, salah satu hadist berbunyi:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim, no. 408)

Kemudian, ada sambutan dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Bapak Djoko Susilo, M. Pd. Beliau menyampaikan peranan penting pendidikan pada anak muda, seperti kata beliau, “Mengajar itu lebih mudah dibandingkan mendidik. Mendidik tidak cukup sekali pertemuan, tidak cukup seminggu, tidak cukup setahun. Maka, kesepakatan SMK Negeri 47 Jakarta selama kalian tiga tahun di SMK Negeri 47 harus mendapat pendidikan, agar karakter kalian begitu lulus bagi yang muslim betul-betul menjadi muslim sejati.”

Kesimpulan pesan dari Bapak Djoko Susilo, M. Pd yaitu melalui acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan dapat membentuk karakter siswa siswi SMK Negeri 47 Jakarta untuk selalu cinta dan mengamalkan risalah Rasulullah SAW.

Pada acara puncak, yaitu tausiah oleh Ustadz Taufiqurrahman, S.Q. atau akrab disapa Ustadz Pantun. Beliau disambut dengan diiringi hadroh dari tim hadroh SMK Negeri 47 Jakarta. Isi tausiah yang disampaikan Ustadz Taufiqurrahman, S.Q adalah tentang sejarah dan makna Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ustadz Taufiqurrahman, S.Q menceritakan melalui Q.S. As-Saff : 6, tentang Nabi Isa a.s yang membawa kabar gembira yaitu akan datang seorang Rasul bernama Ahmad (Muhammad). Dari ayat ini, mengajarkan akhlak yang baik seperti yang dicontohkan Nabi Isa a.s. yang menyebut Nabi Muhammad SAW dengan sebutan “Ahmad”.

Ustadz Taufiqurrahman, S.Q memberi pesan melalui pantunnya:

“Pergi menamu di hari selasa

Nentengnya salak dan kurma

Ilmu memang nomor satu

Tapi akhlaklah yang jauh lebih utama”

Selain itu, Ustadz Pantun juga menyampaikan tentang harapan Nabi Ibrahim a.s agar seorang Rasulullah SAW lahir di sekitar Ka’bah di Mekkah dan berasal dari keturunannya. Nyatanya, Nabi Muhammad SAW lahir di Mekkah dekat Ka’bah dan berasal dari keturunan Nabi ibrahim a.s. MasyaAllah.

Beberapa pesan tambahan dari Ustadz Taufiqurrahman, S.Q yaitu untuk selalu menjaga sholat sesuai perintah Allah dalam Q.S. Al-Isra : 78 dan senantiasa bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW sesuai dalam Q.S. Al-Ahzab : 56.

Bagi kalian yang tertinggal atau ingin melihat tayangan ulangnya, kalian bisa melihat tayangan dibawah ya :

Sebelum berakhir, ada pantun dulu nih:

Jalan-jalan ke Madura

Pulangnya membeli kawat

Sambut Maulid nabi dengan gembira

Perbanyak dzikir dan shalawat.

Wassalamualaikum wr. wb.

Artikel by : Kevin Kournikova Budiman kelas XII AKL 2
Edited By : Miftahul Huda, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *