Pelaksanaan Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2023 di SMK NEGERI 47 JAKARTA

Dukungan Direktorat SMK untuk Meningkatan Daya Saing Lulusan

Era society 5.0 merupakan penyempurnaan dari berbagai macam konsep yang sudah ada sebelumnya di era 1.0 sampai dengan 4.0. Era 5.0 ditandai dengan penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan robot guna menciptakan kemudahan bagi segala kebutuhan masyarakat. Pendidikan menjadi salah satu area yang terpengaruh oleh era 5.0 yang menuntut kemampuan literasi digital dan keterampilan teknologi, dan memungkinkan pendidikan jarak jauh dan pembelajaran daring.

Secara keseluruhan, era 5.0 mengubah cara manusia berinteraksi dengan dunia sekitar dengan dampak signifikan pada berbagai bidang kehidupan. Dalam era 5.0 bahasa asing terutama bahasa inggris menjadi semakin penting sebagai alat komunikasi global dalam bekerja sama secara efektif dan mengakses sumber daya dan informasi yang lebih luas. Oleh karena itu kemampuan bahasa asing menjadi keterampilan yang sangat penting.

Dalam  rangka meningkatkan daya saing global di tengah perkembangan era ini, Direktorat SMK kembali menyelenggarakan kegiatan fasilitasi peningkatan kompetensi dan sertifikasi Bahasa Asing siswa SMK dengan TOEIC.

Tahun ini, SMKN 47 Jakarta telah mengikutsertakan sebanyak 254 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 35 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Dini Larasati dan Luthfi Ibrahim dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 1 September 2023 melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami  yang lolos seleksi. Persiapan yang kami lakukan adalah melakukan kegiatan persiapan dengan menyimak tutorial dari laman Youtube yang telah disiapkan oleh Kementerian bidang PSMK, serta mempersiapkan Google Classroom khusus materi Toeic untuk berlatih soal-soal secara mandiri.

Testimoni dari Kepala SMKN 47 Jakarta, Bapak Drs. Hasan Kuswana,M.Pd.: “Dengan adanya kegiatan test TOEIC ini kami dari sekolah sangat merasa terbantu khususnya untuk kegiatan sertifikasi kemampuan komunikasi Bahasa Inggris pada level Internasional. Harapan kami dari pihak sekolah agar ditambah lagi kuota siswa yang mendapat kesempatan untuk mengikuti test TOEIC ini karena sertifikat yang diperoleh para siswa akan membantu mereka pada bidang yang mereka akan lanjutkan setelah lulus dari SMKN 47 Jakarta.”

Testimoni dari siswa Dhika Ahmad Fahrezy: “Saya sangat senang sekali mendapat kesempatan mengikuti tes TOEIC ini. Harapannya skor TOEIC saya bagus dan sertifikat yang akan saya dapatkan nanti berguna untuk mencari kerja atau untuk mendaftar kuliah di Universitas Negeri, dan harapannya kedepan diadakan lagi kegiatan ini.

Artikel yang telah di upload di website sekolah masing-masing atau media lokal, mohon untuk link nya bisa dikirimkan ke digital@itc-indonesia.com untuk dapat di highlite beritanya. Apabila upload kegiatan di Instagram sekolah, silahkan tag akun @toeic.id & @itc.id.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *