KUNJUNGAN INDUSTRI KE PRIMO SUPERMARKET CILANDAK TOWN SQUARE

Jurusan Bisnis daring dan Pemasaran melakukan kunjungan ke PT PRIMO SUPERMARKET

Pada tanggal 26 Juli & 2 Agustus 2022, jurusan Bisnis Daring Pemasaran SMKN 47 JAKARTA melakukan Kunjungan Industri ( Field Trip ) ke PT. Primo Supermarket, Tbk. Lokasinya berada di Jl. TB Simatupang No.kav 17, RT.6/RW.9, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430.

Setibanya disana, kami langsung disambut oleh Pemilik PT. Primo Supermarket yaitu Bapak Yosep Heru Sukahadi, yang merupakan alumni dari Universitas Sanata Dharma. Saat pembukaan, beliau memberikan penjelasan sekilas tentang karirnya dan tentang PT. Primo Supermarket.

Setelah itu, Bapak Yosep Heru Sukahadi menjelaskan tentang kategori produk apa saja yang dijual di Primo Supermarket, diantaranya :

1. GMS ( General Merchandising ), yaitu Perusahaan ritel yang menawarkan berbagai lini produk yang memiliki stok cukup mendalam. Termasuk dalam kategori ini adalah peritel yang menjalankan department store. Barang yang dijual antara lain : Peralatan Elektronik seperti, kulkas, TV, oven, mixer, Peralatan Rumah Tangga seperti kontainer, gelas, piring, Pakaian dan juga Pet Shop .

2. GROSERY, Menjual berbagai kebutuhan sehari-hari seperti, makanan, minuman dan produk kecantikan (beauty).

3. FRESH, seperti Frozen Food [ makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan ] yaitu nugget, sosis dan Fresh Fairy [ susu dan makanan maupun minuman dari hasil olahan susu yang masih mengandung kalsium ] yaitu susu, krim, yogurt.

4. UMKM, Pihak Primo Supermarket dan UMKM melakukan konsinyasi. Konsinyasi adalah kerjasama penjualan dimana satu pihak menitipkan barangnya untuk dijualkan oleh pihak lainnya. Penjualan sistem konsinyasi adalah salah satu jenis kerjasama bisnis paling diminati, terutama oleh pengusaha di bidang ritel. Contoh produk yang dijual adalah Japanese Food, Korean Food.

Primo Supermarket melakukan bent and exspedist, transit masuk & keluarnya barang dan memilah barang yang tidak layak untuk dijual. Dan saat mendisplay, setiap barang harus diberi tanggal untuk mengetahui kapan expired barangnya. "Pihak Primo Supermarket akan dikenakan pelanggaran/SP, bahkan jabatan saya bisa turun jika menjual barang - barang yang sudah expired" ucap Bapak Heru Sukahadi selaku pemilik Primo Supermarket.

Primo Supermarket juga memiliki E-commerce, yaitu transaksi jual beli secara online. Primo Supermarket bekerja sama dengan Shopee, lazada, gojek, grab dan lainnya. Jika stok barang habis, dana akan dikembalikan kepada konsumen. Pengembalian dana maks 2 hari by shopee.

PT. Primo Supermarket, Tbk, Cilandak ini juga memiliki Primo Cafe Resto yang menyediakan berbagai jenis hidangan Nusantara ataupun Western.

Artikel By : Melisandra Allena BDP 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *